Friday, May 15, 2015

Cara Membuat Aplikasi Penghitung Log Dengan PHP

Cara Membuat Aplikasi Penghitung Log Dengan PHP


Cara Membuat Aplikasi Penghitung Log Dengan PHP

Jika sebelumnya saya membahas cara membuat kalkulator Menghitung akar Dengan PHP  kali ini saya akan menjelaskan bahwa dengan Script php ternyata kita juga bisa menghitung log yang ada di pelajaran matematika loh, selain bisa juga mudah ya dalam pembuatannya, kenapa saya bilang mudah karena saya akan langsung memberikan aplikasi sederhana menghitung log dengan php ini secara gratis alias free melalui link download yang akan saya berikan.

Aplikasi penghitung log dengan php ini sebenarnya saya dapatkan dari beberapa sumber ya di karenakan saat itu saya sedang menyelesaikan project skripsi punya teman yang mengharuskan rumus log dalam penyelesaian kasusnya, sangat sulit bagi saya saat itu karena pemahaman saya terhadap matematika atau kalkulus sangat jauh dari keahlian saya sehingga mengharuskan saya belajar log secara manual kepada seorang teman yang lulusan perkuliahan matematika, dan dari teman tersebut saya mendapatkan pelajaran yang sangat berharga sekali bagi saya karena teman itulah maka saya bisa menerapkan pelajaran tersebut kedalam script php yang akan anda download sebentar lagi.

Perlu anda ketahui bahwa sebenarnya cara menghitung log dengan php yang akan saya bagikan ini masih sangat sederhana sekali dan saangat jauh dari kesempurnaan untuk sebuah program yang memungkinkan untuk anda yang ingin mengembangkan aplikasi ini bisa mengembangkannya untuk bisa lebih mantap lagi, sehingga nantinya script php ini akan sangat berguna bagi yang membutuhkannya nanti.

Oke, pertama sekali belajar membuat log dengan php ini adalah saya berjalan-jalan di google mendapatkan script ini dari w3schools.com dengan kata kunci di pencariannya hitung log dengan php.

Script yang saya dapatkan dari situ adalah seperti di bawah ini :

<? echo "".(log10(2) . ""); ?>

Itu artinya apa? itu artinya adalah yang akan kita hitung adalah hasil dari log 2, dan percayakah anda hanya dengan script itu hasilnya sama dengan yang di kalkulator? ya, coba saja copykan script di atas dan pastekan di file kosong atau baru kemudian jalankan.

Bagaimana Dengan Aplikasi yang sudah jadi?

Sekali lagi saya akan katakan bahwa aplikasi ini belum sempurna maka dari itu jika anda sedang mencari script sederhana tentang log dengan php, saya kira script ini cocok dengan anda karena saya berharap anda bisa mengembangkan lagi script ini untuk tujuan yang lebih baik.

Pada dasarnya script yang akan saya bagikan tidaklah jauh dari script dasar di atas, di sini saya hanya menambahkan textbox agar dalam menjalankan scriptnya tidak perlu lagi harus di refresh untuk mendapatkan hasilnya.

Disini saya membuatkan 2 buah textbox dan satu tombol submit yang sekiranya bisa memudahkan saudara-saudara dalam mengembangkannya nanti.

Nah daripada penasaran silakan download gratis script menghitung log dengan php ini :


Demikianlah tutorial php sederhana ini.
Untuk yang kurang jelas atau ada saran saya dengan senang hati terima sarannya.
Semoga bermanfaat
Salam Blogger Takengon.

No comments:

Post a Comment